Anime

Gara-Gara Anting Kimetsu no Yaiba Jadi Kontroversi Di Korea Selatan

Sejak musim pertama nya rilis pada April 2019 lalu anime Kimetsu no Yaiba Mendapatkan banyak penggemar yang membawa anime ini menjadi salah satu anime terpopuler saat ini. Namun tidak bisa dipungkiri bahwa kontroversi juga terjadi pada anime ini, salah satunya di Korea Selatan. Kontroversi ini dipicu sebuah poster yang terpampang di platform Netflix yang memperlihatkan desain asli dari Tanjirou mengenakan anting berupa simbol Matahari Terbit. Tak di sangka, hal itu menyebabkan sebagian penggemar naik pitam dan akhirnya menuduh franchise ini telah mewakili imperialisme Jepang.

Poster Anime Kimetsu no Yaiba di Netflix
Poster Anime Kimetsu no Yaiba di Netflix

Dilansir dari sebuah artikel yang diterbitkan oleh Yahoo! News Japan, "kontroversi perihal anting Tanjirou dari Kimetsu no Yaiba terus meningkat di Korea Selatan. Lantas apa tanggapan Netflix selaku pemicu kasus ini?".

"Kimetsu no Yaiba: Mugen Train telah terjual lebih dari satu juta tiket hanya tujuh hari setelah rilis di Korea Selatan, tetapi mengapa nasionalis anti-Jepang baru menyerukan permasalah mengenai anting Tanjirou di hari-hari terakhir setelah film tersebut dirilis. Baik Netflix maupun rantai teater menyerah pada tekanan dan mulai melakukan pengeditan konten audiovisual. Namun, hal itu tidak menghentikan kaum nasionalis Korea Selatan, dan kini malah semakin menjadi dengan menuduh bahwa Kimetsu no Yaiba adalah ‘gerakan ultra-kanan’ yang mendukung kejahatan Jepang pada generasi sebelumnya."

“Massa anti-Jepang telah menunjukkan bahwa Kimetsu no Yaiba sengaja meyinggung simbol ‘Bendera Matahari Terbit’ melalui anting Tanjirou. Karena masalah ini terus meningkat, pihak produksi di Korea Selatan harus melakukan editing audiovisual dan memodifikasi desain anting Tanjirou. Versi yang dimodifikasi ini tidak akan disiarkan atau diproyeksikan di luar Korea Selatan.”

Di sisi lain, Netflix telah menambahkan anime Kimetsu no Yaiba dengan 26 episode di katalog mereka. Namun, ketika poster menampilkan gambar Tanjirou dengan anting khas nya, komunitas disana langsung naik pitam dan memberikan kritikan ke platfrom tersebut.

Netflix merupakan satu-satunya media yang menayangkan serial Kimetsu no Yaiba di Korea Selatan, namun versi yang ditayangkan Netflix merupakan versi asli yang tidak dimodifikasi. Hal itu menyebabkan banyak penggemar heboh.

"Mengapa mereka menggunakan desain asli padahal sudah ada versi modifikasi sebelumnya, dan mereka tahu itu akan menimbulkan kontroversi?"

Sebagian orang Korea Selatan menganggap hal ini sebuah penghinaan terhadap sejarah mereka, “Netflix memang tidak memiliki rasa peduli terhadap perasaan orang Korea Selatan, mereka hanya menginginkan uang", ucap beberapa fans yang naik pitam.

Akibatnya Netflix mulai melakukan koreksi atas kesalahannya dengan mengubah poster anting Tanjirou yang sebelumnya tidak dimodifikasi menjadi dimodifikasi. Sebuah oulet media besar di negara tersebut meminta pendapat dari Netflix tentang masalah ini, tetapi mereka tidak mendapatkan tanggapan apa pun.

Sumber: Animesaku

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button